DAILY-BLOG #3 —KULIAH STORY—

Hallo teman-teman kambali lagi di blog ini, untuk kalian yang selalu membaca postingan di blog ini, ku ucapkan terima kasih banyak. Dan untuk kalian yang baru berkunjung pada blog ini ku ucapkan terima kasih juga. Semoga kalian selalu dalam keadaan baik, semoga hatinya juga baik-baik saja ya hehe. Oke have a nice reading✨

Sekarang aku sedang kuliah semester sekian, hehe maaf ya aku tidak menyebutkan. Oh iya bagaimana kondisi kegiatan kuliah kalian sekarang? Mengingat sekarang kuliah dilakukan secara daring. Semoga tetap lancar kuliahnya ya. Sekarang aku sudah tidak disibukan dengan perkuliahan sih, cuma sedang disibukan dengan tugas akhir hehe —bisa ditebak kan? 

Dalam perkuliahan kita tidak hanya dihilangkan dengan materi mata kuliah saja, tapi banyak sekali yang dapat kita santap selama kuliah. Aku menjalani kuliah dengan berbagai kegiatan, tidak hanya kuliah pulang. Karena aku pikir bila aku hanya kuliah pulang, pengalaman Kuliahku sangat kurang. Akhirnya aku mencoba mengikuti organisasi dalam kampus. Sebelumnya, aku ini bukan mahasiswa yang pintar atau berprestasi. Mungkin bisa dibilang aku pas-pasan dalam bidang akademik. Aku cukup santai dengan masalah perkuliahan, tapi kalau ada tugas kuliah sekiranya aku tidak pernah melalaikannya.

Ada sistem di kampusku yang cukup membuatku bahagia, yaitu "setiap mata kuliah memiliki kesempatan 3 kali bolos untuk setiap mahasiswanya". Jujur aku sangat menyukai sistem ini, karena membantuku untuk skip kuliah bila sedang tidak ingin kuliah. Mungkin aku salah satu mahasiswa yang sering menggunakan kesempatan ini, namun tidak sedikit juga teman-temanku yang enggan menggunakan kesempatan ini dengan alasan "tidak mau ketinggalan materi kuliah". Sedari maba aku sudah menggunakan kesempatan ini, apalagi setelah mengikuti organisasi. *Disclaimer: aku tidak pernah menjadikan organisasi alasan untuk bolos kuliah*. Aku bolos kuliah ya karena ingin, bahkan ketika sudah ikut organisasi, aku seperti lebih memilih organisasi dari pada kuliah. Yak, kita tahu anak organisasi biasanya cenderung lebih aktif di luar kegiatan kelas, tapi tidak semuanya seperti itu. Sibuk kuliah dan kegiatan merupakan makanan anak organisasi. Sudah menjadi pola kuliah anak organisasi. Dimana pagi hingga sore mereka kuliah, malamnya mereka rapat dan dihari minggu mereka melaksanakan kegiatan.

Saat semester satu aku masih mengikuti kuliah dengan tertib, nah saat mulai semester dua hingga kini aku sudah tak setertib saat maba. Dulu kalau kuliah tidak pernah telat, bahkan datang sebelum jamnya. Semenjak semester dua, kuliah datangnya terlambat, ya walaupun tidak sering. Saat awal, pakaian masih tertib sesuai aturan kampus "celana kain dan kemeja" dan potongan rambut yang rapi. Saat sekarang-sekarang kuliah mengenakan pakaian yang lebih bebas terkadang menggunakan hoodie, celana sobek-sobek, kemeja terbuka (dalamnya kaos) dan rambut gondrong. Pernah juga kuliah tidak membawa buku tas dan lain sebagainya, hanya bermodal membawa pena. Pernah juga masuk kuliah hanya presensi setelah itu  keluar kelas. Jujur ini jangan ditiru ya teman-teman, tidak baik. Bersyukur rebbelku masih wajar, iya kan?

Oh iya, aku dan teman satu kelas pernah melakuakan sebuah kegiatan yang menurutku salah banget sih. Waktu itu, kami ada kelas penelitian, kita sudah di ruangan sebelum dosen itu datang. Kami menunggu sekitar satu jam lebih. Pada kontrak belajar bila dosen tidak datang selama 30 menit tanpa keterangan, mahasiswa boleh meninggalkan kelas. Nah, berhubung sudah satu jam dosen belum datang, kami satu kelas sepakat untuk keluar kelas. Tapi, tak lama dari itu, di grup kelas dosen tersebut tiba-tiba mengirim pesan "saya sudah di kelas, kok tidak ada mahasiswanya? Saya tunggu kalian 30 menit untuk datang ke kelas" Nah saat itu juga aku yang belum keluar dari kampus langsung kembali ke kelas. Sudah ku duga, dosen pasti akan marah, beliau marah sekali karena mahasiswa tidak ada di kelas "harusnya kalian sadar, kalian sudah semester akhir, harusnya kalian sadar akan kebutuhan. Paket internet saya habis jadi tidak bisa memberikan kabar kepada kalian. Tapi harusnya kalian sadar kalau kalian yang butuh materi." Saat itu juga satu kelas terdiam. Ya sebetulnya tidak sepenuhnya salah mahasiswanya sih, cuma karena miss comunication jadi terjadi hal seperti ini. Dan harusnya dosennya memahami mahasiswa karena kesalahannya. Tapi ada pelajaran tersendiri buatku, dimana kita harus menghargai satu sama lain, orang tua dan yang muda harus saling menghargai dan sabar jangan mengambil keputusan bila marah. 

Ya cerita masa kuliah ku tidak semenarik Jerome Polin, Turah Partayana, dan Amel Carla. Tapi setidaknya membuat pengalaman ku bertambah dan bisa menjadi cerita kepada anak cucu nantinya.

Sudah cukup panjang Daily blog kali ini, mungkin lain kali akan ku ceritakan kembali tentang "My kuliah Story". Cukup sekian, silahkan kalian tulis di kolom komentar hal rebbel yang kalian pernah lakukan saat kuliah ataupun saat kuliah. Oke sampai jumpa di postingan selanjutnya. Terima kasih




Salam nakal,
Penulis,
Ilham KM.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiga Mantra Kehidupan.

SUSUNAN PENGURUS ROMANSAKA 2014/2015

Senandika 26