DAILY-BLOG #5 — MENDOAN —

 Kalian tahu ga sih, makanan khas dari daerah Barlingmascakeb? Eh, tapi bentar. Kalian tahu ga Barlingmascakeb itu apa? Tahu ga? Kayaknya rata-rata ga tahu ya. Tidak apa aku akan jelaskan —hehe.
Barlingmascakeb merupakan singkatan nama daerah kebupaten dari Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen. Kelima kabupaten tersebut berada di provinsi Jawa Tengah. Nah kelima daerah tersebut disingkat Barlingmascakeb. Dari daerah ini ada salah satu makanan khas yang sudah cukup terkenal. Coba kalian tebak. Yak betul, "Mendoan". Makanan ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari tempe dan tepung. Gambarannya tempe yang dilumuri tepung dan ada tambahan daun bawang. Makanan ini cukup banyak ditemui di warung makanan di daerah Barlingmascakeb. Tempe yang digunakan biasanya tempe lentreng, yaitu tempe yang dibungkus daun pisang dan berbentuk tipis dan lebar. Tapi sekarang tempe yang digunakan sudah beragam. Biasanya mendoan itu dimakan dengan cocolan sambel kecap atau dengan nyigit cabai rawit. Nyigit itu artinya makan cabai mentah-mentah. 

 Tekstur dari tempe mendoan ini yaitu basah minyak atau mendo. Nah, menurutku banyak kekeliruan tentang mendoan. Terkadang banyak yang mengatakan mendoan tapi tempenya kering, berarti itu kan gorengan tempe —hehe. *Disclaimer: this just my opinion Guys*. Kadang aku heran dengan orang-orang yang mengatakan gorengan tempe itu mendoan. Padahal kan salah. Biasanya hal ini terjadi di daerah selain Barlingmascakeb.

 Seperti ini, aku pernah mengalami hal ini. Aku kan merantu di Yogyakarta, nah di Yogyakarta terkenal dengan angkringan yang dimana banyak jenis gorengan dan sate-satean. Nah saat itu aku sedang memilih gorengan tiba-tiba penjualannya menawarkan
"Mas mendoannya tidak sekalian"
Deg, aku mencari dimana keberadaan mendoan tersebut, tapi aku tidak menemukannya.
"Medoane sing pundi bu?" artinya mendoannya yang mana. Dan ibunya menunjuk kesalahan satu gorengan. Saat ku melihat, aku tersenyum dan berbicara dalam hati "kan itu gorengan tempe bukan mendoan"
Semenjak itu aku agak aneh dengan hal tersebut.

 Yak sebenernya ga salah, mendoan dan gorengan tempe sama-sama digoreng, tapi yang membedakan adalah mendoan digoreng setengah matang atau dalam keadaan minyaknya masih banyak, dan gorengan tempe digoreng hingga lebih kering lagi dari pada mendoan.

 Ya itu opiniku saja teman-teman, mungkin dari kalian ada cerita tentang kekeliruan dari makanan khas daerah kalian, bisa dishare di kolom komentar yak! Oh iya, informasi saja buat kalian, Barlingmascakeb itu daerah yang menggunakan bahasa jawa ngapak. Kalian tahu bahasa jawa ngapak ga? Mungkin akan bahas pada post selanjutnya ya.

 Okey, sekian Daily blog kali ini. Terima kasih buat teman-teman yang sudah membaca. Sekian dari aku. Terima kasih.



Salam mendoan
Ora ngapak ora kepenak
Penulis
Ilhamkm 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiga Mantra Kehidupan.

SUSUNAN PENGURUS ROMANSAKA 2014/2015

Senandika 26