DAILY-BLOG #6 —KREASI TEMPE, TEMPE KEPAL ISI TUNA—

Halo teman-teman, apakah hari ini kalian sudah makan? Eh lupa hari ini kan puasa arafah bagi yang menjalankan. Selamat menjalankan ibadah puasa arafah ya, semangat. Buat kalian yang tidak menjalankan puasa jangan lupa makan ya, aku ngga mau kalian sakit —hehe. Oh iya, makan apa kalian hari ini? Apapun makanannya jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu sebelum makan ya, biar tetap sehat.

Kemarin Ibuku penasaran banget buat beli ikan tuna, akhirnya Ibuku membeli ikan tuna suwir yang sudah dikukus. Nah tadi siang aku lihat masih ada sisa ikan tuna yang belum dimasak. Nah, karena aku orangnya suka masak, jadi aku ngide membuat makanan dari ikan tuna suwir itu. Kali ini aku membuat tempe kepal isi tuna pedas.

Apa itu tempe kepal? Sebenarnya itu nama asal saja yang ku berikan. Nama itu di ambil dari proses pembuatannya tempenya dikenal-kepal menggunakan tangan. Alhasil makanan itu aku beri nama "tempe kepal"

Untuk isian opsional ya teman-teman, bisa menggunakan ayam suwir, jamur, sosis atau apapun sekreatif kalian saja. Kali aku juga mau membagi resepnya teman-teman, yuk langsung saja.

Bahan:
  • Tuna suwir;
  • Tempe;
  • 2 butir bawang putih;
  • 1 butir bawang merah;
  • 8 butir cabai setan;
  • 2 buah cabai merah;
  • Garam & penyedap rasa;
  • Tepung terigu;
  • Tepung beras;
  • Minyak goreng;
  • Air putih;
  • Lada bubuk. 

*untuk takaran bisa disesuaikan ya teman-teman, aku tidak terlalu detail untuk takarannya karena tadi asal menakar bahan-bahannya*

Cara Pembuatan

  1. Haluskan cabai setan, cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan tampah garam secukupnya. Bila ingin lebih pedas, cabai bisa ditambah dan begitu sebaliknya.
  2. Setelah halus, panaskan minyak dan tumis sambal tadi, tambahkan sedikit air.
  3. Setelah aromanya harum, kecilkan api, lalu masukan tuna suwir. Masak hingga matang dan tercampur rata. 
  4. Setelah matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya haluskan tempe, boleh juga tidak terlalu halus (sesuai selera). 
  6. Setelah halus tambahkan garam dan tepung terigu, masukan sedikit air agar tepung bisa tercampur. Bila kurang asin, bisa ditambah penyedap rasa. Lalu campur hingga rata.
  7. Usahakan adonan tidak terlalu lembek.
  8. Setelah semua tercampur, ambil satu sendok adonan lalu pipihkan. 
  9. Bila sudah pipih, masukan ikan tuna suwir tadi di tengah-tengah adonan, lalu gulung adonan dan kepal-kepal adonan, hingga ikan tuna tertutupi.
  10. Lakukan hingga adonan habis.
  11. Setelah itu, agar lebih enak, bisa dimasukkan terlebih dahulu ke dalam frezzer selama 5 menit. Tujuannya agar adonan lebih padat. 
  12. Setelah itu, campuran garam, lada bubuk, dan tepung beras. Jangan diberi air ya.
  13. Keluarkan adonan dari frezzer, lalu balukan tepung beras tadi, lakukan hingga tempe kepal habis. Tujuannya agar tempe kepal lebih krispi.
  14. Panaskan minyak, bila sudah panas. Masak tempe kepal tersebut dalam keadaan api sedang. Masak hingga warna agak kecoklatan. Masak hingga matang. Lakukan hingga tempe kepal habis. 
  15. Setelah selesai angkat dan tiriskan.
  16. Tempe kepal isi tuna bisa langsung disajikan. Sajikan selagi hangat, biar mantab.

Wah, simpel juga ya resep dan cara masaknya, aku yakin kalian pati bisa mencobanya.

Sekian berbagi resep dari aku, mungkin bila ada ide masakan kreatif lagi dari aku, nanti aku share lagi. Selamat mencoba~


Salam lapar
Kencot mak, 
Ilhamkm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiga Mantra Kehidupan.

SUSUNAN PENGURUS ROMANSAKA 2014/2015

Senandika 26