Masa kecil —Sebuah utasan—

Pernahkah kalian ingin kembali ke masa kecil? Rasanya semua orang hampir menginginkan kembali ke masa kecil, dimana semua keadaan berbeda dengan keadaan disaat mereka dewasa. Masa kecil untuk kebanyakan orang adalah masa yang indah, masa yang tidak terlalu banyak beban. Tentu saja masa kecil merupakan masa dimana kebanyakan orang masih berbahagia dengan keadaannya. Mereka tak perlu memikirkan apakah besok masih bisa makan, apakah besok masih bisa berlari, apakah besok ada unga saku untuk membeli jajan dan intinya banyak yang tak perlu dipikirkan. Beban pikiran sangat kecil, kalau pun ada paling cuma karena pasal bertengkar dengan teman, saling mengejek nama orang tua. Bahkan masa kecil merupakan masa yang paling diingat sampai kapan pun. Terlalu banyak hal lugu yang diperbuat, banyak hal yang menjadi kenangan dan bahkan banyak hal yang bisa dijadikan cerita kepada anak cucunya nanti. 

Banyak orang yang ingin kembali kepada masa kecil mereka. Tapi apakah kita sadar kalau masa kecil tidak bisa kita ulang kembali? Saat ini kita hanya bisa mengenang masa-masa itu, meraba dalam ingatan dan tersenyum saat seolah-olah merasakannya kembali. Sadarlah, kita tak mungkin bisa kembali ke masa itu, kita cukup mengingat dan menyimpan saja. Masa kecil merupakan sebuah kerinduan yang takan pernah kita temukan titiknya. Kerinduan itu akan tetap ada dalam diri kita, tinggal bagaimana kita menyimpannya. Kalau ada kesempatan untuk mengulangi beberapa hal saat masa kecil kalian bisa pergunakan itu dengan sebaik mungkin.

Intinya kita harus sadar, bahwa semakin hari kita semakin berproses. Tak lagi sama dengan kemarin. Tak perlu frustrasi dengan kegagalan dan kendala pada sebuah proses. Karena pasti ada hikmah disebaliknya. Nikmati setiap proses yang kita alami, mengeluh boleh itu manusiawi. Tapi jangan sampai berhenti dan menghilang. Masih ada kesempatan yang harus dicoba. Jangan pernah merasakan gagal kalau kita belum mencoba semuanya.

Bersyukur saja kita masih ada di masa sekarang. Masa kecil ada bibit dirimu untuk sekarang dan nanti. Masa kecil bisa saja kita kenang tapi tak bisa kita ulang. Bersyukur lah  jika masa kecilmu mengasyikkan, karena tak semua orang dapat merasakan, dan bersyukur lah jika saat ini kau berbahagia karena tak semua orang mendapatkannya.
 


Pejuang, 
Ilhamkm 
-02-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiga Mantra Kehidupan.

SUSUNAN PENGURUS ROMANSAKA 2014/2015

Senandika 26