DAILY-BLOG #4 —PEJUANG JERAWAT—

Hallo teman-teman kambali lagi di blog ini, untuk kalian yang selalu membaca postingan di blog ini, ku ucapkan terima kasih banyak. Dan untuk kalian yang baru berkunjung pada blog ini ku ucapkan terima kasih juga. Semoga kalian selalu dalam keadaan baik, semoga hatinya juga baik-baik saja ya hehe. Oke have a nice reading✨

Adakah pejuang muka mulus disini? Kalau ada kita sama. Mungkin dari pembaca blog ini ada yang sama, sedang memiliki masalah jerawat. Jujur aku sudah hampir putus asa dengan keadaan jerawat ini. Aku mulai berjerawat dari SMP tepatnya aku lupa kelas berapa dan sampai saat ini masih berjerawat. Keadaan jerawat di mukaku itu naik turun, pernah jerawatnya tidak banyak, pernah juga tidak berjerawat, dan bahkan pernah berjerawat banyak seperti saat ini.

Aku masih bingung kenapa jerawat selalu muncul, banyak orang mengatakan kepadaku kalau jerawatku muncul karena keturunan dari ayahku (fyi ayahku dulu berjerawat parah, sekarang meninggalkan bopeng dimukanya), ada juga yang mengatakan kalau jerawatku muncul akibat stres, faktor makanan, tidak pernah mandi, dan faktor udara di sekitarku. Aku belum tahu pasti apa penyebab munculnya jerawat ini. Tapi kalau menurutku penyebabnya yaitu faktor keturunan dan faktor pikiran. Kalau keturunan jelas dari ayahku, kalau pikiran karena semenjak kuliah banyak yang menjadi pikiran apa lagi sekarang ada tugas akhir yang harus segera aku selesaikan. Tapi aku paling sebel kalau dibilang jerawatku muncul karena aku tidak pernah mandi. Perlu kalian ketahui, aku rajin mandi kok, sehari dua kali (kalau tidak pernah kemana-mana ya satu kali —hehe). Bahkan aku juga menggunakan skincare untuk mengurangi timbulnya jerawat. Sampai sudah banyak produk yang aku pakai. Ya produknya sih tidak yang mahal-mahal karena tidak punya biaya.

Skincare yang aku gunakan yaitu, facewash dari Himalaya yang Purifying neem facewash. Aku pakai dua kali sehari, setelah mandi dan sebelum tidur. Lalu aku menggunakan viva face tonic, aku menggunakan sebelum tidur setelah cuci muka. Selain itu aku juga menggunakan masker alami yang aku buat sendiri, yaitu masker tepung beras ditambah madu dan ditambah jeruk nipis. Aku menggunakan masker Satu minggu dua kali. Aku juga baru mencoba masker madu dan pisang, karena katanya bagus banget untuk menyembuhkan peradangan jerawat. 

Sebenarnya baru sekarang ini aku menggunakan semua itu, karena baru ada waktu. Jujur aku menyesal sih, karena baru sekarang ini memberikan perhatian pada wajahku ini. Sampai saat ini, jerawat belum hilang. Tapi aku punya saran buat kalian yang memiliki muka yang berjerawat dan berminyak.

Pilihlah sabun cuci muka yang tidak banyak busanya. Untuk jerawat yang besar-besar dan merah aku sarankan jangan menggunakan sabun yang banyak scrubnya. Lalu untuk masker kalian juga jangan menggunakan masker yang banyak scrubnya. Kalau bisa cari masker yang banyak mengandung vitamin C. Kalian juga harus memperhatikan kebersihan barang yang kalian pakai atau mengenai muka, seperti bantal, guling, masker, helm dan tisu. Kalian juga harus mengkondisikan tangan kalian dari muka kalian, apa lagi ketika muka kalian sedang berminyak. Kita tahu bahwa tangan kita sangat kotor, kita tidak tahu apa saja yang menempel di tangan kita. Usahakan selalu mencuci tangan hingga bersih ketika hendak menyentuh muka. Lalu jika kalian berponi, kalian juga harus rajin keramas, karena rambut yang kotor juga bisa mengakibatkan timbulnya jerawat pada dahi. Sebelum tidur kalian juga wajib membersihkan muka, minimal mencuci muka dengan sabun muka. Jangan lupa untuk berjemur, karena kulit kita juga membutuhkan vitamin D. Lakukan juga olahraga dan mengkonsumsi makanan yang seimbang. Bila muka kalian berminyak sekali, jangan terlalu banyak makan-makanan yang berminyak. Banyak-banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Perhatikan juga pola tidur, jangan terlalu sering begadang. Kendalikan juga pikiran kalian, hindari stres yang berlebihan. Oh iya, kalian juga jangan lupa setelah cuci muka saat mengeringkan gunakan tisu ya jangan handuk. Karena tisu lebih bersih dari handuk. 

Ya itu tadi tips basic banget buat kita yang berjerawat. Mungkin dari kalian ada tips lain, bisa di tulis di kolom komentar. Kita sama-sama belajar melawan jerawat. Untuk yang belum menemukan skincare yang cocok jangan putus asa terus mencoba dan jangan lupa tetap memperhatikan produk skincare tersebut. Apakah aman untuk digunakan di kulit muka kalian. Kita juga bisa konsultasi ke kulit atau dokter kecantikan. Intinya tetap bersabar jangan putus asa.

Sekian dulu Daily-blog kali ini tentang jerawat yang ku alami dan tips yang ku lakukan. Jujur berat sih, apa lagi olahraga dan meninggalkan begadang. Kalau kalian ada tips menghilangkan jerawat bisa share di kolom komentar ya. Terima kasih.


Salam pejuang,
Penulis
Ilhamkm 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiga Mantra Kehidupan.

SUSUNAN PENGURUS ROMANSAKA 2014/2015

Senandika 26